Selasa, 05 September 2017

Book Review : Dari Carnegie "Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan"

Assalamualaikum Wr.Wb

Sudah lama semenjak terakhir kali posting di Blog tercinta ini, sibuk di dunia nyata dan hambatan dari rasa malas untuk menulis membuat aktifitas menulis baik di Blog maupun karya prosa pada akhirnya mandeg.
Namun asupan nutrisi dari buku bacaan, majalah, dan media online tetap lancar. Tulisan saya pun tergiring oleh isu-isu aktual yang tiap hari mungkin berubah trend-nya. Membuat otak harus lebih kritis dalam mencerna peristiwa-peristiwa terkini yang sedang banyak dibicarakan orang.
Disela-sela membuat opini terhadap beberapa peristiwa, kadang saya bosan dengan segala hal yang berbau politik. Sehingga saya memalingkan sementara untuk membaca dan mencerna buku-buku motivasi dan teknik kepemimpinan. Seminggu terakhir saya banyak menghabiskan waktu untuk membaca buku Dale Carnegie yang berjudul “Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan”.
Pertama-tama saya perkenalkan dulu siapa itu Dale Carnegie, lahir pada tahun 1888 di Maryville, Missouri. Carnegie adalah seorang anak petani biasa yang merupakan putra kedua dari pasangan James William Carnagey dan Amanda Elizabeth Harbison. Masa mudanya banyak dihabiskan membantu orang tuanya di peternakan. Ia bersekolah di State Teacher's College di Warrensburg. Pekerjaannya setelah selesai sekolah adalah memberikan kursus korespondensi kepada para peternak, lalu menjual bacon, sabun dan lemak babi kepada Armour & Company. Ia sangat sukes melakukan penjualan di wilayah Omaha Selatan di Nebraska.
Hasil gambar untuk dale carnegie
Dale Carnegie
Foto dari baybusinesshelp.com/wp-content/uploads/2015/05/Dale-Carnegie-GQ-12May14_rex_b.jpg
Setelah menabung $500, Carnegie berhenti berjualan pada tahun 1911 guna mengejar impiannya untuk menjadi pengajar di Chautauqua. Namun  ia malah masuk ke American Academy of Dramatic Arts di New York. Kariernya sebagai aktor tidak begitu sukses. Salah satu perannya adalah menjadi Dr. Hartley dalam pertunjukkan Polly of the Circus. Ketika produksi berakhir, ia menjadi pengangguran dan hampir bangkrut. Pada saat kondisi ekonominya menyutur ia mendapatkan ide untuk mengajarkan public speaking. Ia meyakinkan manajer "Y" agar mengizinkannya mengajar sebuah kelas dengan pengembalian profit 80%. Dalam sesi pertamanya, ia kehabisan materi. Namun ia tidak kehabisan akal, ia meminta murid-murid di kelasnya "menceritakan sesuatu hal yang membuat mereka bisa marah", dan menemukan bahwa teknik itu membuat mereka tidak takut lagi untuk berbicara di depan orang banyak. Dari debut tahun 1912 ini, dibentuklah Dale Carnegie Course. Carnegie telah meningkatkan hasrat orang Amerika untuk memiliki kepercayaan diri, dan pada tahun 1914, ia telah menghasilkan keuntungan $500 - sekitar $10,000 untuk ukuran saat ini- per minggunya.

Namun, pencapaiannya yang paling luar biasa saat Penerbit Simon & Schuster menerbitkan buku Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain. Dari debutnya pada tahun 1937, dalam beberapa bulan kemudian telah mencapai cetakan yang ke-17. Setelah wafatnya Carnegie pun, buku tersebut telah mencapai penjualan 5 juta kopi dan diterjemahkan ke dalam 31 bahasa. Lalu Dale Carnegie Institute yang didirikannya telah menghasilkan 450.000 orang lulusan. Ia tercatat telah memberikan sebanyak 150 ribu pidato dalam partisipasinya di berbagai program pendidikan. Pada masa perang dunia I, ia bergabung dalam militer AS.
Carnegie meninggal di Forest Hills, New York, pada tanggal 1 November 1955, dan dimakamkan di Belton, Cass County, Missouri. Biografi resmi dari Dale Carnegie & Associates, Inc. menyebutkan bahwa ia menderita penyakit Dodgkin.
Dengan kepiawaiannya dalam public speaking, menjadi hal yang menyenangkan untuk membuat suatu konsep dini yang mudah tentang bagaimana memotivasi orang. Dalam buku yang saya baca ada banyak hal yang luar biasa. Sehingga mampu merubah consensus diri anda kedalam pemikiran yang diungkapkan oleh Carnegie. Sumber referensi yang ada merupakan bagian dari studi pustaka dan juga pengalaman Carnegie serta orang-orang yang pernah berkonsultasi padanya.
Carnegie membagi isi bukunya menjadi empat bagian. Pada bagian pertama buku nya, Canegie mengungkap tujuh cara memperoleh kedamaian dan kebahgiaan, bagian kedua berisi teknik-teknik dasar dalam menghadapi orang, bagian ketiga berisikan cara menarik kawan pada cara berpikir anda, dan pada bagian terakhir ia mengungkapkan bagaimana cara mengubah orang tanpa menimbulkan perlawanan dan sakit hati.

Dalam artikel berikutnya, saya akan mengulas hal-hal yang penting dalam buku Carnegie. Bagian-bagian yang ada memiliki beberapa hal yang hambar jika dilewatkan.  

0 komentar: